Rapat Konsolidasi UTD Se-Aceh “Peningkatan Kualitas Pelayanan Darah UTD PMI”

0
394
views

Banda Aceh – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh melalui Unit Transfusi Darah (UTD) mengelar kegiatan rapat UTD PMI Se-Aceh, di Aula UTD PMI Kota Banda Aceh, Lampineng Banda Aceh, Rabu (18/01). Kegiatan ini merupakan pertemuan konsolidasi UTD PMI Sub Regional I Provinsi Aceh.

Pertemuan konsolidasi UTD Se-Aceh melibatkan pengurus PMI Kab/Kota dan direktur UTD PMI. Adapun UTD yang menghadiri pertemuan di antaranya UTD PMI Kota Banda Aceh, UTD PMI Kabupaten Pidie, UTD PMI Kabupaten Aceh Utara dan UTD PMI Kota Langsa.

Pertemuan tersebut mencakup empat aspek diataranya peran pengurus PMI dalam peningkatan mutu UTD, prinsip-prinsip system kualitas dan Good Manufacturing Practice (GMP), Pelayanan Tranfusi Darah di UTD PMI Kota Banda Aceh serta konsolidasi pelayanan darah lintas UTD, Serta pelaporan hasil visitasi dan pemecahan masalah UTD PMI sub Regional I Provinsi Aceh.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny dalam kata sambutan menjelaskan “Pertemuan ini merupakan hasil rapat regional di Bengkulu, peran pengurus PMI adalah untuk mengurus bukan minta di urus, pengurus adalah garda terdepan untuk jejaring antar sektor.” Tambahnya juga “berharap dengan adanya pertemuan konsolidasi bisa bermanfaat untuk seluruh UTD di Aceh.”

UTD PMI Pusat diwakili oleh dr. Robby Nur Aditya, M. Si menjelaskan tentang prinsip-prinsip system kualitas dan GMP, untuk memenuhi GMP sebuah UTD Harus memenuhi 10 persyaratan di antaranya, Manajeman kualitas, petugas dan pelatihan, gedung dan fasilitas, peralatan, dokumentasi, pencatatan, control terhadap bahan, seleksi donor, control proses serta penyimpanan, pengepakan dan pengiriman.
Untuk mencapai hal GMP maka UTD harus konsisten menjalankan seluruh proses dan produk darah untuk memenuhi tujuan serta mempunyai komitmen dan tekat yang kuat dalam perencanaan.

Kepala UTD PMI Kota Banda Aceh dr. Teuku Ilhami Surya Akbar, M.Biomed menyampaikan materi Pelayanan transfusi darah di UTD PMI Kota Banda Aceh serta konsolidasi pelayanan darah lintas UTD.
Adapun stategi UTD PMI Kota Banda Aceh untuk memenuhi kebutuhan stok darah diantaranya kegiatan donor darah dibuka 24 jam, melakukan donor darah dengan menggunakan Bus, melakukan sosialisasi, pengaktifan call center 0811 6815 800 terhadap berita hoax yang mengatakan tidak ada stok darah di PMI, kerjasama dengan instansi, serta menciptakan aplikasi android “Rumoh Pendonor untuk melihat stok darah setiap detiknya.

(Sumber : Humas PMI Kota Banda Aceh, Foto : Maskur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here