Apa! Bule punya Rhesus positif

0
1318
views

Sore tadi selesai menunaikan shalat asar di UTD pmi kota banda aceh, ada pemandangan menarik yang membuat banyak staf utd bertanya kepada kami karena pendonor sore ini adalah bule namun rhesus mereka rhesus positif. Memang banyak pandangan dari masyarakat bahwa mereka yang rhesus negatif itu adalah mereka yang berasal dari luar negeri, padahal tidak demikian.

Di seluruh dunia, pemilik rhesus negatif merupakan golongan minoritas. Menurut catatan American Association of Blood Bank, sebagian besar orang di dunia memiliki rhesus (memiliki antigen D) di dalam darahnya. Hanya sebagian kecil yang tidak. Persentase jumlah pemilik rhesus negatif berbeda-beda antarkelompok ras. Pada ras bule (seperti warga Eropa, Amerika, dan Australia), jumlah pemilik rhesus negatif sekitar 15 – 18%.

Sedangkan pada ras Asia, persentase pemilik rhesus negatif jauh lebih kecil. “Di Indonesia, pemilik rhesus negatif hanya sekitar setengah persen”. Dengan kata lain, dari seribu orang, hanya sekitar lima orang berhesus negatif.

Namun demikian, rhesus negatif bukan sebuah kelainan atau penyakit bawaan. Sama seperti tangan kidal. Perbedaan ini semata-mata masalah genetik, bukan salah Bunda mengandung.

Karena persentasenya sangat kecil, jumlah pendonor pun amat langka. Lebih-lebih golongan AB rhesus negatif. Ini merupakan golongan darah paling langka. Di Unit Transfusi Darah PMI, stok darah rhesus negatif biasanya hanya satu kantung untuk masing-masing golongan darah ABO. Selain karena jumlah pendonor langka, permintaannya pun memang sangat jarang.

Untuk menyiasati jika ada kebutuhan sewaktu-waktu, UTD PMI menerapakan sistem donor panggilan (On call) . UTD PMI Kota Banda Aceh bekerjasama dengan komunitas RNA melakukan pencatatan identitas lengkap orang-orang yang diketahui berhesus negatif yang bertujuan jika nantinya ada permintaan darah rhesus negatif, UTD PMI Kota Banda Aceh bekerjasama dengan RNA akan menghubungi mereka agar mendonorkan darahnya.

Seperti yang terlihat digambar bule saja donor darah masak kita enggak!!

Yuks kenali rhesusmu dengan donor darah di UTD PMI Kota Banda Aceh.
#Jangan percaya berita hoax sebelum menghubungi call center utd pmi bna 08116815800.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here