Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2017

0
3546
views

Banda Aceh – Dengan pertimbangan 14 Juni 2017 adalah jatuh pada bulan Ramadhan, maka Peringatan Hari Donor Darah Sedunia di PMI Kota Banda Aceh tahun 2017 akan dilaksanakan pada tanggal Kamis, 13 Juli 2017 yang juga akan diikuti dengan acara pelantikan Pengurus PMI Kota Banda Aceh untuk periode 2016-2021, berlokasi di Markas PMI Kota Banda Aceh, Jl. Stadion H. Dimurthala No.3 Lampineung Banda Aceh.

Untuk tema kegiatan peringatan hari donor darah sedunia tahun 2017 adalah “What can you do” atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan dengan “Apa yang dapat kita perbuat” dengan sub tema “Give Blood, Give Now, Give Often” yang kira-kira dapat diartikan “Berikan Darahmu, Berikan Sekarang, Berikan Secara Rutin”.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan dalam peringatan Hari Donor Darah Sedunia pada tahun 2017 ini, antara lain :

1. Kampanye Donor Darah

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 11 Juli 2017, pukul 16.30 s.d 17.30 WIB Lokasi kegiatan: Bundaran Sp. 5 dan persimpangan Lampu Merah Masjid Oman.

2. Donor Darah Massal

Mengundang segenap masyarakat sebanyak-banyaknya untuk melakukan donor darah massal, Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 13 Juli 2017, pukul 08.30 s.d 16.00 WIB serta pengundian doorprize, Lokasi kegiatan di Markas PMI Kota Banda Aceh, Jl. Stadion H. Dimurthala No.3 Lampineung Banda Aceh.

3. Penganugerahan Pendonor Darah Sukarela

Memberikan penghargaan kepada instansi/lembaga/ Mahasiswa/ OKP/ORMAS yang telah melakukan kegiatan donor darah sukarela secara rutin sebanyak 15, 25, 50 dan 75 kali, dan pembagian serta penganugerahan Motivator Donor Darah Sukarela. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari kamis, tanggal 13 Juli 2017. Lokasi kegiatan Markas PMI Kota Banda Aceh, Jl. Stadion H. Dimurthala No.3 Lampineung Banda Aceh.

Dengan adanya kegiatan Peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2017 diharapkan bisa meningkatkan motivasi dan keinginan masyarakat untuk mendonorkan darahnya serta diharapkan dapat meng inspirasi banyak orang untuk lebih menghargai para pendonor darah yang sangat rutin dalam mendonorkan darahnya.

Hari Donor Darah Sedunia dirayakan setiap tahun di banyak negara di seluruh dunia pada tanggal 14 Juni sebagai hari kelahiran Karl Landsteiner (seorang ilmuwan besar yang memenangkan hadiah Nobel untuk penemuan besar tentang darah) yaitu 14 Juni 1868. Perayaan Acara ini pertama kali dimulai pada tahun 2004 bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perlunya donor darah secara aman. Hari Donor Darah sedunia diresmikan oleh WHO dengan 192 negara anggota di bulan Mei tahun 2005 di Majelis Kesehatan Dunia ke-58 untuk memotivasi semua negara di seluruh dunia dalam mengucapkan terima kasih kepada pendonor darah untuk langkah berharga mereka, mempromosikan donor sukarela, aman dan donor darah tanpa di bayar untuk memastikan pasokan darah yang cukup.

Hari Donor Darah Dunia diperingati setiap tahun untuk mensosialisasikan kebutuhan transfusi darah yang aman serta pentingnya donor darah di seluruh dunia. Perayaan melibatkan pengorganisasian banyak kegiatan dan program di tingkat Internasional dan Nasional.

Organisasi perawatan kesehatan seperti “Organisasi Kesehatan Dunia, Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC), Federasi Internasional Organisasi Donor Darah (IFBDO) dan International Society of Blood Transfusion (ISBT)” bekerja bersama-sama untuk mengatur program tingkat internasional untuk mempromosikan di seluruh dunia.

Pelayanan darah merupakan sebuah tugas yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada Palang Merah Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor. 7 Tahun 2011 tentang Pelayanan Darah. Saat ini secara Nasional Palang Merah Indonesia memiliki 216 Unit Transfusi Darah dengan target perolehan darah yang di canangkan oleh Bapak Ketua Umum PMI Pusat H. Jusuf Kalla sebanyak 2 % dari jumlah penduduk Nasional yaitu sekitar 4.5 juta kantong darah. Beberapa strategi telah di laksanakan mulai dari pembentukan gerai donor darah di mall-mall dan kampus hingga peningkatkan mobilitas mobil unit transfusi darah yang telah tersedia

Saat ini Unit Transfusi Darah PMI Kota Banda Aceh melayani permintaan darah dari 16 Rumah Sakit atau klinik yang berada dalam wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar serta pasien rujukan dari Rumah Sakit diluar kota Banda Aceh. Idealnya darah yang dipenuhi sedikitnya 100-150 kantong darah per harinya, sedangkan saat ini, Unit Transfusi Darah PMI Kota Banda Aceh hanya mampu memenuhi sekitar 70 kantong darah setiap harinya dari pendonor sukarela.

Dari data di atas kebutuhan masyarakat akan darah tampak semakin meningkat belum sebanding dengan jumlah pendonor darah sukarela yang rutin menyumbangkan darahnya ke Unit Transfusi Darah.

Sumber : Panitia HDDS 2017 PMI Kota Banda Aceh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here