Mahasiswa Kedokteran Belajar MTDB di PMI

0
360
views

Puluhan Mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) belajar Manajement Tanggap Darurat Bencana (MTDB) di Markas PMI Banda Aceh, Jumat (29/09). Kegiatan ini merupakan implementasi Kurikulum Ilmu Pendidikan Dokter Indonesia Berbasis Kompetensi.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui peran PMI dan bagaimana PMI dalam melakukan MTDB saat bencana terjadi, saya berharap bisa berperan aktif baik ketika sebelum, saat, dan setelah bencana tutur Abdurrahman salah satu Mahasiswa Pendidikan Dokter.

Perserta yang berjumlah 28 orang sangat antusias mengikut materi MTDB yang disampaikan oleh Tarmizi, SH yang merupakan salah satu pemateri dan juga Staf Penangulangan Bencana di PMI Banda Aceh.
Ketua PMI Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny mengucapakan “selamat datang Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsyiah di Markas PMI Banda Aceh dengan harapan Mahasiswa Pendidikan Dokter bisa meningkatkan peran untuk membantu sesama dalam kemanusian.

Setelah belajar tentang MTDB, Mahasiswa Kedokteran juga diberi kesempatan untuk melihat alur Manajement Unit Transfusi darah yang di dampingi langsung oleh Kepala UTD PMI Banda Aceh dr. T. Ilhami Surya Akbar, M. Biomed.
Disamping itu dr. Ilham yang merupakan Kepala UTD PMI Banda Aceh dan juga Penangung jawab disaster Manajement Fakultas Kedokteran Unsyiah dr. T. Ilhmi Surya Akbar, M. Biomed menyampaikan “kegiatan ini merupakan agenda rutin terkait kebencanaan yang ada dikurikulum pendidikan dokter, ada 4 (empat) instansi yang dikunjungi oleh Mahasiswa Kedokteran antara lain, PMI, BPBA, SAR Aceh dan Dinkes Provinsi Aceh.

Mahasiswa Kedokteran Unsyiah juga menyempatkan melihat pelayanan Ambulans PMI Banda Aceh yang didampingi langsung oleh Koordinator Ambulans Dahriani, SH.

(Sumber : Humas PMI Banda Aceh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here