Terbanyak Selama Beberapa Tahun Terakhir, PMI Kumpulkan Darah 3.813 Kantong

104
views

Banda Aceh – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh mengumpulkan darah sebanyak 3.813 kantong di sepanjang Desember 2021. Ini merupakan pencapaian donasi darah tertinggi yang didapat PMI Kota Banda Aceh selama beberapa tahun terakhir.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengucapkan terima kasih kepada para pendonor, baik dari kalangan masyarakat umum, ASN, maupun jajaran Kodam IM, yang telah mendonorkan darahnya di PMI Kota Banda Aceh. Sumbangan darah sangat membantu PMI dalam memenuhi stok darah di rumah sakit dan klinik.

“Sekarang kita jarang dengar pasien butuh darah tapi nggak dapat darah. Alhamdulillah ini berkat kesadaran kita semua untuk donor darah,” kata Dedi di Banda Aceh pada Minggu, 2 Januari 2022.

Ia menyebutkan, kebutuhan darah di Banda Aceh dan sekitarnya saat ini sekitar 150 kantong setiap hari. PMI Kota Banda Aceh saat ini menyuplai darah untuk 17 rumah sakit dan klinik di Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, dan Aceh Jaya. Diantara rumah sakit yang disuplai darah oleh PMI Kota Banda Aceh ialah RSUD Zainal Abidin, RSIA Aceh, RS Meuraxa Banda Aceh, dan RS Pertamedika.

Berdasarkan statistik, pencapaian donasi darah bulan ini lebih banyak dari bulan November lalu yang mendapat sebanyak 3.099 kantong. Hal ini menunjukkan kesadaran dan antusias masyarakat untuk berdonor darah sudah meningkat.

“Ini hal positif menurut saya. Sebaiknya kita memang rutin berdonor darah karena donor darah banyak manfaatnya untuk diri sendiri dan bisa selamatkan nyawa orang lain,” ujar Dedi.

Ia menjelaskan, beberapa manfaat donor darah yaitu bisa menurunkan risiko serangan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah penuaan dini, dan memicu pembentukan sel darah baru. Selain itu yang lebih penting, donor darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain yang sedang membutuhkan darah.

Dalam menggalang donasi darah di masyarakat, PMI Kota Banda Aceh setiap hari menyelenggarakan kegiatan donor darah, baik ditempat umum maupun di instansi pemerintahan. Pemerintah Aceh sendiri saat ini sedang menggalakkan Gerakan Donor Darah ASN yang sudah dimulai sejak Juni 2020 lalu. Selain itu kerjasama juga dilakukan dengan Kodam IM dan beberapa instansi lain di Banda Aceh.

Dedi berharap kedepan lembaga yang bekerja sama dengan PMI Kota Banda Aceh semakin banyak agar stok darah di Banda Aceh dan sekitarnya tetap terpenuhi.

PMI Kota Banda Aceh setiap hari melakukan kegiatan donor darah di berbagai instansi. Jadwal donor darah yang dilakukan PMI Kota Banda Aceh setiap hari diupdate di akun instagram PMI Kota Banda Aceh (@pmikotabandaaceh).

Bagi masyarakat yang ingin melihat stok darah di PMI Kota Banda Aceh bisa melalui aplikasi Rumoh Pendonor yang tersedia di Google Play Store atau aplikasi donorku di App Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here