PMI Kota Banda Aceh Lakukan Imunisasi Polio di Tibang

89
views

Banda Aceh – Relawan Markas PMI Kota Banda Aceh bekerja sama dengan Puskesmas dan Relawan Desa Gampong Tibang melakukan imunisasi polio 1 kepada sejumlah bayi di gampong tersebut pada Kamis, 24 Maret 2022.

Koordinator Program Kesiapsiagaan Polio PMI Kota Banda Aceh Milza Oka Yussar mengatakan, kegiatan sosialisasi dan imunisasi polio di Gampong Tibang menargetkan imunisasi polio tahap pertama pada 31 bayi. Pada hari Selasa (22/3) sebanyak tiga balita menerima vaksin polio 1 dan Kamis (24/3) sebanyak 26 balita menerima imunisasi polio 1.

“Sejauh ini penerimaan masyarakat bagus,” kata Oka disela kegiatan imunisasi polio pagi tadi.

Menurut Oka, sosialisasi dan imunisasi polio di Gampong Tibang berlangsung lancar karena masyarakat tidak menolak anaknya diimunisasi. Lanjutnya, masyarakat menolak diimunisasi karena isu vaksin mengandung enzim babi dan pasca imunisasi anak mengalami demam, padahal imunisasi polio sangat aman bagi anak karena hanya cukup di tetes saja.

“Dengan adanya program ini mudah-mudahan imunisasi dasar lengkap (IDL) di Kota Banda Aceh meningkat,” harapnya. Proses imunisasi sendiri dilakukan oleh bidan desa dan juru imunisasi.

Program kesiapsiagaan polio di Banda Aceh sendiri berlangsung di empat gampong, yaitu Gampong Tibang, Gampong Pie, Gampong Pande, dan Gampong Lambung. Dan Gampong Tibang merupakan gampong pertama yang kita lakukan imunisasi polio

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, imunisasi polio dilakukan empat tahap selama periode imunisasi polio, yaitu polio 1, polio 2, polio 3, dan polio 4.

“Selama ini orang takut dengan imunisasi karena mikirnya disuntik. Tapi imunisasi polio ini obat tetes, makanya setelah kami sosialisasi banyak orang tua nggak menolak anaknya diimunisasi,” kata Dedi.

Selain itu, sosialisasi polio juga dilakukan untuk ibu hamil agar para ibu hamil bisa lebih mempersiapkan diri dan tidak takut anaknya diimunisasi. Seperti diketahui, penyakit polio belum ada obatnya dan termasuk mudah menular.

“Karena (polio) belum ada obatnya, lebih baik mencegah, dan kita siap untuk mengeradikasikan polio” ujar Dedi.

Program Kesiapsiagaan Polio PMI Kota Banda Aceh bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mendukung capaian imunisasi polio dan imunisasi dasar lengkap 100 persen disetiap wilayah puskesmas.

IMG-20220324-WA0009

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here