Donor Darah di Sabang Kumpulkan Darah 136 Kantong

8
views

Sabang – Kegiatan donor darah yang berlangsung di Aula Kantor Walikota Sabang pada Rabu, 30 Juni 2022, berhasil mengumpulkan darah sebanyak 136 kantong. Berbagai instansi dari Pemerintah Kota Sabang, Lanud Maimun Saleh, Lanal Sabang, Bea Cukai Sabang, dan masyarakat umum ikut mendonorkan darahnya pada kegiatan yang diinisiasi oleh BFLF kota Sabang ini.

Pergelaran donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Sabang ke 57 dan Hari Bhakti TNI AU ke 75. Di sela kegiatan donor, ada juga penyerahan bantuan untuk dua orang penyandang disabilitas oleh Kemensos RI.

Danlanud Maimun Saleh, Letkol Pnb. Fahrur Rozi, S.T., M.I.Pol mengatakan, donor darah merupakan kegiatan rutin yang digelar Lanud Maimun Saleh. Selama ini, semua lembaga di Sabang juga turut mendukung kegiatan donor darah sehingga banyak pendonor yang berpartisipasi.

“Harapannya kegiatan ini terus dilakukan di Sabang dan dapat terus berlangsung rutin karena selama ini kegiatan donor darah dapat respon positif dari masyarakat,” kata Fahrur Rozi sebelum mendonorkan darahnya.

Plt. Ketua PMI Kota Banda Aceh Edwar M. Nur mengatakan, donor darah kali ini digelar lebih besar dan melibatkan banyak instansi dan organisasi kemasyarakatan di Sabang. Pemda Sabang, lanjutnya, sangat mendukung kegiatan sosial seperti donor darah. Di samping itu masyarakat juga antusias ikut kegiatan.

Ia juga mengajak masyarakat agar rutin donor darah karena donor darah selain baik untuk kesehatan, juga bermanfaat untuk orang lain. “Kepada seluruh masyarakat ayo berdonor karena donor itu sehat. Bagi pendonor aktif, mereka sudah merasakan bagaimana manfaatnya berdonor,” ujar Edwar.

Sekretaris PMI Kota Sabang Kery Priono mengatakan, permintaan darah dari masyarakat Sabang selama ini bisa dipenuhi dengan baik. Jika ada masyarakat Sabang yang dirawat di Banda Aceh dan butuh darah, pihaknya akan berkomunikasi dengan PMI Kota Banda Aceh.

“Selama ini kalau ada pasien di Banda yang butuh darah selalu komunikasi. Dan selama ini koordinasi dengan PMI Kota Banda Aceh berjalan dengan baik. Untuk pemenuhan kebutuhan darah di Sabang selama ini aman dan belum ada keluhan,” kata Kery yang juga pendonor aktif.

Ia mengatakan, donor darah punya manfaat yang besar. Di samping sehat untuk badan, sel darah yang dikeluarkan akan diregenerasi ulang dengan yang baru oleh tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here