KSR PMI Unit Unmuha Gelar Diklatsar untuk Calon Relawan

15
views

Banda Aceh – KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah (Unmuha) Aceh menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) XVII untuk calon relawan baru unit tersebut. Sebanyak 10 calon relawan KSR PMI Unit Unmuha akan mengikuti Diklatsar di Mata Ie pada 26 Februari 2024 hingga 3 Maret 2024.

Komandan KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah Aceh, Rindu Trideka mengatakan, para calon relawan akan mengikuti Diklatsar sesuai kurikulum organisasi PMI. Ia berharap semua calon relawan yang mengikuti Diklatsar bisa fokus pada materi selama seminggu mendatang.

Kabid Kerjasama dan Kemitraan PMI Kota Banda Aceh, Teuku Rachmad Kurniawan mengatakan, tujuan dilaksanakan Diklatsar sesuai dengan pedoman organisasi PMI ialah untuk membentuk relawan PMI yang berkualitas sesuai dengan standar organisasi. Ia berharap, kesepuluh calon relawan yang mengikuti Diklatsar bisa mengikuti kegiatan hingga selesai sehingga punya bekal yang cukup saat terjun ke lapangan nanti.

“Ada 10 relawan baru, ini seperti filsafat Soekarno. Kalian harus lebih kompak dan harus benar-benar menerapkan tujuh prinsip dasar kepalangmerahan,” ujar Rachmad dalam sambutannya.

Ia menyebutkan, hal terpenting dalam berorganisasi ialah keseriusan. KSR PMI Unit Unmuha tidak akan berjalan program kerjanya jika para anggota tidak serius dalam berorganisasi. Karena itu, ia berpesan agar para relawan selalu menjaga kekompakan dan silaturrahmi.

“Kami dari PMI Kota Banda Aceh akan selalu mendukung semua kegiatan dari relawan unit perguruan tinggi,” tutur Rachmad.

Wakil Rektor III Unmuha Aceh, Ir. Zardan Arabi mengatakan, menjadi relawan PMI mengharuskan seseorang memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi. Karena itu, ia berharap para calon relawan bisa fokus mengikuti Diklatsar sehingga saat sah menjadi relawan nanti bisa menerapkan ilmu dengan baik.

“Relawan ini sangat penting saat ada musibah, karena itu relawan juga harus punya dasar ilmu dan pengetahuan. Mudah-mudahan adik-adik semua bisa menggunakan kesempatan dengan sebaik-baiknya,” ujar Ir. Zardan Arabi sebelum membuka kegiatan.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengungkapkan kebanggaannya atas KSR PMI Unit Unmuha Aceh karena menjadi salah satu organisasi yang aktif menyelenggarakan kegiatan di kampus tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here