PMI Kota Banda Aceh Gelar Orientasi untuk Pembina PMR Tingkat Wira dan Madya

Banda Aceh – PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan orientasi untuk pembina Palang Merah Remaja (PMR) tingkat wira dan madya pada Selasa, 20 Agustus 2024, di Aula UDD PMI Kota Banda Aceh. Kegiatan ini diikuti oleh 30 pembina PMR dari berbagai sekolah tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat di Banda Aceh.

Wakil Ketua PMI Kota Banda Aceh, Teuku Nanta Muda, S.T., M.M., mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memberikan pembekalan tentang organisasi kepalangmerahan kepada pembina PMR. Diantara materi yang disampaikan nantinya ialah sejarah organisasi kepalangmerahan, komponen gerakan, prinsip dasar, dan lainnya.

“Kita punya prinsip yang sama di PMI, yaitu tujuh prinsip dasar gerakan palang merah. Kita semua di sini bergerak atas dasar kemanusiaan, sukarela, dan kakak-kakak semua yang hadir di sini adalah orang-orang yang punya panggilan hati dan bergerak untuk kemanusiaan. Mudah-mudahan niat baik kita hari ini dan kedepan terus diberi kemudahan oleh Allah SWT,” ujar Nanta dalam sambutannya sebelum membuka acara.

Nanta mengatakan, pembina PMR juga seorang pendidik di sekolah. Karena itu ia berharap pembina mampu menjadi jembatan agar PMR di sekolah tetap aktif dan eksis. “Kita terus berupaya untuk membenah PMI Kota Banda Aceh agar terus aktif membentuk relawan-relawan yang tangguh dan berkompeten,” tuturnya.

Menukil hadis Nabi Muhammad SAW, Nanta berpesan agar relawan PMI bisa menebar manfaat untuk lingkungan sekitar, baik dengan membagikan ilmu maupun turut berpartisipasi dalam kegiatan mitigasi bencana.

“Mudah-mudahan kegiatan ini menambah ukhuwah islamiyah kita sesama pegiat di organisasi PMI,” ujarnya.

Sebagai informasi, PMI Kota Banda Aceh memiliki beberapa unit relawan. Pada tingkat pelajar, unit PMR diisi kalangan pelajar dari berbagai jenjang, sementara unit Korps Suka Rela diisi oleh mahasiswa perguruan tinggi, dan Tenaga Suka Rela merupakan wadah bagi para relawan PMI dari berbagai profesi.

Pada akhir tahun ini, PMI Kota Banda Aceh juga merencanakan orientasi gabungan yang akan diikuti oleh PMR tingkat Wira dan Madya. Tahun lalu, orientasi gabungan ini diikuti oleh sekitar 800an anggota PMR tingkat Wira dan Madya.