Pegawai Dinas PPPA Aceh Donorkan Darah 38 Kantong

28
views

Banda Aceh – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Aceh bekerja sama dengan PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan donor darah di lingkungan kantor dinas tersebut, pada Selasa, 11 Januari 2022. Dari aksi itu, berhasil mengumpulkan darah sebanyak 38 kantong.

Kepala Dinas PPPA Aceh Nevi Ariyani mengatakan, aksi donor darah kali ini melibatkan banyak pendonor perdana. Hal ini menunjukkan antusiasme dari pegawai di Dinas PPPA Aceh untuk berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan.

Ia menyebutkan, sekitar 30an pegawai yang belum pernah donor darah mendaftar sebagai pendonor. Namun, hanya tujuh pegawai saja yang memenuhi syarat. “Alhamdulillah ada tujuh orang pendonor pertama. Jadi mereka berupaya memenuhi syarat donor, jaga kesehatan, supaya bisa donor darah,” ujar Nevi disela kegiatan donor darah pada Selasa, 11 Januari 2022.

Dinas PPPA Aceh rutin menyelenggarakan aksi donor darah tiap dua bulan sejak gerakan donor darah ASN Pemerintah Aceh digalakkan pada 2020 lalu. Menurutnya, kegiatan donor darah di kantor dinas sangat bermanfaat karena mempermudah akses bagi pegawai yang ingin donor darah.

Ia berharap masyarakat tidak takut untuk donor darah. “Niatkan saja untuk membantu banyak orang dan (donor darah) baik untuk diri kita sendiri. Setetes darah kita bisa menyelematkan nyawa orang lain, ini yang kita sampaikan supaya teman-teman juga punya keinginan untuk membantu,” kata Nevi Ariyanti.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, donor darah rutin yang digalakkan Pemerintah Aceh merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tanggung jawab pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan darah harian.

“Kami mengapresiasi komitmen Pemerintah Aceh terkait gerakan ASN berdonor. Ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” kata Dedi di Banda Aceh.

Selama beberapa bulan terakhir, lanjut Dedi, sudah jarang terdengar ada pasien yang membutuhkan darah tapi tidak dapat darah. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menghubungi Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh lewat nomor call center (0811-681-5800) jika membutuhkan darah.

PMI Kota Banda Aceh setiap hari melakukan kegiatan donor darah. Jadwal donor darah yang dilakukan UDD PMI Kota Banda Aceh setiap hari diupdate di akun instagram PMI Kota Banda Aceh (@pmikotabandaaceh).

Sementara bagi masyarakat yang ingin melihat jadwal dan stok darah di PMI Kota Banda Aceh bisa melalui aplikasi Rumoh Pendonor yang tersedia di Google Play Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here