PMI Banda Aceh Jalin Kerjasama dengan Akademi Fisioterapi Harapan Bangsa

105
views

PMI Banda Aceh Jalin Kerjasama dengan Akademi Fisioterapi Harapan Bangsa

Banda Aceh – PMI Kota Banda Aceh menjalin kerjasama terkait donor darah sukarela dengan Akademi Fisioterapi Harapan Bangsa Banda Aceh. Penandatanganan nota kerjasama berlangsung di kampus tersebut pada Rabu, 26 Januari 2022.

Direktur Akademi Fisioterapi Harapan Bangsa Banda Aceh Muliati mengatakan, kerjasama yang dilakukan dengan PMI bertujuan untuk agar mahasiswa di kampus tersebut tergugah hatinya untuk berdonor darah.

“Di sini kita menjelaskan kepada mahasiswa bahwa donor darah itu selain membantu orang juga menyehatkan badan kita,” kata Muliati usai menandatangani nota kerjasama.

Ia berharap kegiatan yang direncanakan berjalan dengan baik agar mahasiswa dan pegawai di akademi bisa rutin berdonor darah serta bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Ia juga berpesan untuk pemuda agar tidak takut donor darah karena donor darah memberi manfaat yang baik untuk diri sendiri dan bisa menyelamatkan nyawa orang lain.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, kerjasama yang pihaknya lakukan dengan Akademi Fisioterapi Harapan Bangsa Banda Aceh akan membantu PMI dalam menjaga kestabilan stok darah.

“Alhamdulillah sekarang kesadaran orang untuk donor darah sudah meningkat. Dengan kerjasama ini, mudah-mudahan mahasiswa dan pemuda-pemudi makin tergerak untuk donor darah,” kata Dedi dalam pertemuan itu.

Ia menilai, anak muda punya peran penting untuk menggalakkan gaya hidup sehat melalui donor darah. Selain populasinya yang banyak, anak muda yang rutin mendonorkan darah bisa secara langsung terlibat untuk sosialisasi donor darah.

“Kadang orang takut donor karena jarum. Kita sebenarnya bisa hilangkan persepsi ini kalau anak muda juga ikut aktif sosialiasi tentang manfaat donor darah. Kita butuh kreativitas anak muda untuk itu. Mudah-mudahan banyak mahasiswa akademi fisioterapi nanti yang sadar untuk donor dan mau jadi agen penggerak untuk sosialisasi donor darah juga,” tutur Dedi.

Ia menyebutkan, saat ini PMI Kota Banda Aceh menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, baik pemerintah, perguruan tinggi, maupun swasta tentang donor darah sukarela. Darah yang didonasikan melalui PMI Kota Banda Aceh akan disalurkan ke klinik dan rumah sakit di Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Aceh Jaya.

Ia berharap kerjasama tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Ketua PMI Kota Banda Aceh juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi komitmen civitas akademika Akademi Fisioterapi Harapan Bangsa dalam kontribusinya untuk misi kemanusiaan, dalam hal ini donor darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here