Kesadaran Berdonor Meningkat, PMI Banda Aceh Kumpulkan Donasi Darah Sebanyak 4.024 Kantong

32
views

Banda Aceh – PMI Kota Banda Aceh pada bulan Januari 2022 lalu mencatat perolehan donasi darah terbanyak selama lembaga kemanusiaan ini berdiri di Banda Aceh. Selama bulan Januari, total donasi darah yang terkumpul ialah sebanyak 4.024 kantong.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengapresiasi dan berterima kasih kepada para pendonor sukarela yang telah mendonorkan darahnya di PMI Kota Banda Aceh. Ia menilai, perolehan donasi darah yang tinggi ini karena kesadaran masyarakat untuk berdonor sudah semakin baik.

“Selama tiga bulan terturut-turut donasi darah yang kami terima terus bertambah. Ini sangat baik bagi kita semua. Saya mengapresiasi dan berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada masyarakat karena sudah percaya dengan layanan dan kinerja PMI,” ujar Dedi di Banda Aceh pada Rabu, 2 Februari 2022.

Data PMI Kota Banda Aceh, selama November 2021 lalu PMI Kota Banda Aceh berhasil mengumpulkan darah sebanyak 3.099 kantong. Sementara selama Desember 2021 perolehan darah meningkat mencapai 3.813 kantong. Perolehan donasi darah kembali meningkat pada Januari 2022 dengan perolehan mencapai 4.024 kantong.

Dedi menjelaskan, selama beberapa bulan terakhir, PMI Kota Banda Aceh menggencarkan aksi dan sosialisasi donor darah. Sosialisasi dilakukan di sekolah-sekolah dengan harapan pelajar kelas 3 tingkat SMA yang telah cukup syarat agar mendonorkan darahnya.

“Kita ingin menggalakkan donor darah di lingkungan pemuda. Bulan lalu kita lakukan donor darah di empat SMA di Banda Aceh. Alhamdulillah antusias mereka untuk donor sangat baik,” kata Dedi.

Ia berharap kedepan masyarakat dan anak muda bisa membiasakan donor darah rutin sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Donor darah selain bermanfaat untuk diri sendiri juga bisa membantu menyelamatkan nyawa orang lain.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh dr. Ratna Sari Dewi mengatakan, pendonor pada bulan Januari lalu dominan berasal dari para pegawai pemerintah, personil TNI/Polri, pegawai swasta, dan selebihnya masyarakat umum. Donor darah juga berlangsung di empat SMA di Banda Aceh, yaitu SMA 5, SMA 8, SMA 11, dan SMA 12.

“Kita nggak nyangka perolehan darah bisa tembus angka 4.000an. Kami menilai kesadaran masyarakat untuk donor darah sudah bagus, ini akan membantu PMI untuk jaga kestabilan stok darah di klinik dan rumah sakit,” kata dr. Ratna.

Saat ini, PMI Kota Banda Aceh menyuplai darah untuk rumah sakit dan klinik di Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, dan Kabupaten Aceh Jaya, dengan kebutuhan darah 100-150 kantong per hari.

Karena itu, PMI Kota Banda Aceh hampir setiap hari menyelenggarakan aksi donor darah. Ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah percaya dengan PMI Kota Banda Aceh.

“Kami akan berusaha untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ujar dr. Ratna.

PMI Kota Banda Aceh setiap hari melakukan kegiatan donor darah. Jadwal donor darah yang dilakukan PMI Kota Banda Aceh setiap hari diupdate di akun instagram PMI Kota Banda Aceh (@pmikotabandaaceh).

Sementara bagi masyarakat yang ingin melihat stok darah dan juga kegiatan donor darah di PMI Kota Banda Aceh bisa melalui aplikasi Rumoh Pendonor atau Donorku yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here