PMI Banda Aceh Sosialisasi Donor Darah di SMA Keberbakatan Olahraga Aceh

103
views

Banda Aceh – PMI Kota Banda Aceh melakukan sosialisasi donor darah untuk pelajar kelas 3 di SMA Keberbakatan Olahraga Aceh pada Senin, 7 Februari 2022. Kegiatan tersebut diikuti oleh 59 pelajar kelas 3.

Kepala Sekolah SMA Keberbakatan Olahraga Aceh Muhammad Mahlian mengatakan, murid di SMA tersebut didominasi oleh cabang olahraga seperti pencak silat, atletik, bulu tangkis, takraw, voli, dan lainnya. Karena rutin berolahraga, ia berharap banyak siswanya yang donor darah.

“Darah kalian ini sangat dibutuhkan pasien di rumah sakit. Nanti kita akan gelar kegiatan donor darah juga di asrama,” kata Mahlian kepada pelajar saat membuka acara sosialiasi donor darah di SMA tersebut.

Menurutnya, donor darah sangat penting bagi anak muda karena bisa menyehatkan tubuh. Selain itu donor darah juga akan menyelamatkan nyawa orang lain.

“Sekarang kita donor darah sukarela, nanti kalau ada keluarga dan saudara kita yang membutuhkan darah sudah mudah karena sudah tidak takut lagi untuk donor,” ujar Mahlian.

Perwakilan PMI Kota Banda Aceh dr. Ita As ‘Armuna secara umum menyampaikan persyaratan dan manfaat dari donor darah. Beberapa syarat bagi pendonor ialah berusia minimal 17 tahun, memiliki berat badan paling rendah 45 kilogram, dan tidak sedang mengkonsimsi obat-obatan tertentu.

“Tapi yang paling penting badan kita harus sehat dan tidak takut jarum. Dulu pernah ada yang pingin kali donor, tapi karena takut jarum dia jadi pusing pas lagi donor. Padahal badannya sehat,” ujar dr. Ita.

Menurutnya, pendonor tidak boleh takut dengan jarum karena bisa membuat mental tidak stabil ketika donor. Karenanya, ia menyarakan pendonor untuk membuat diri nyaman sebelum berdonor darah.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, tahun ini PMI Kota Banda Aceh mulai terjun ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan donor darah kepada pelajar dan anak muda. Bulan sebelumnya, PMI sudah sosialisasi donor darah ke tiga sekolah.

“Kita ingin anak-anak muda sadar akan manfaat donor darah dan bisa jadi pendonor rutin. Ini akan sangat bermanfaat bagi mereka pribadi dan membantu menstabilkan stok darah,” kata Dedi di Banda Aceh.

PMI Kota Banda Aceh setiap hari melakukan kegiatan donor darah. Jadwal donor darah yang dilakukan PMI Kota Banda Aceh setiap hari diupdate di akun instagram PMI Kota Banda Aceh (@pmikotabandaaceh).

Sementara bagi masyarakat yang ingin melihat stok darah di PMI Kota Banda Aceh bisa melalui aplikasi Rumoh Pendonor atau Donorku yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

IMG-20220207-WA0008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here