Donor Darah di Lanud Maimun Saleh Kumpulkan Darah 115 Kantong

24
views

Sabang – Lanud Maimun Saleh Sabang bekerja sama dengan PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan donor darah di halaman Wisma Dirgantara pada Selasa, 29 Maret 2022. Kegiatan itu berhasil mengumpulkan darah sebanyak 115 kantong.

Danlanud Maimun Saleh Letkol Pnb Fahrur Rozi mengatakan, kegiatan donor darah hari ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Darat ke 76. Selain donor darah, juga dilakukan bazar sosial. Sementara itu, pihak Lanud turut mengundang pegawai pemerintah dan swasta untuk turut berdonor darah.

“Ini wujud kepedulian kita TNI AU untuk masyarakat Sabang. Jadi kita bekerja sama dengan PMI dan BFLF untuk buat kegiatan sosial,” kata Letkol Fahrur Rozi.

Menurutnya, antusias masyarakat Sabang cukup bagus untuk donor darah. Karenanya, pihak Lanud berencana rutin menyelenggarakan donor darah di Sabang. Danlanud Maimun Saleh itu menyebutkan akan kembali menggelar donor darah pada akhir Juli mendatang.

“Terima kasih untuk masyarakat Sabang yang sudah dukung kegiatan ini. Harapan saya, TNI AU ini diterima oleh masyarakat Sabang,” ujarnya.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, agenda donor darah di Kota Sabang sudah semakin rutin, terutama karena menjadi bagian dari acara-acara besar. Pada bulan Maret 2022 setidaknya PMI Kota Banda Aceh sudah dua kali terlibat dalam kegiatan donor darah.

“Mudah-mudahan donor darah di Sabang jadi agenda rutin agar kita terus bisa membantu sesama, dalam hal ini pemenuhan kebutuhan darah,” harap Dedi.

Menurutnya jika kegiatan kemanusiaan seperti donor darah mendapat respon yang baik dari masyarakat dan komunitas setempat, akan memudahkan lembaga kesehatan untuk memenuhi permintaan darah dari pasien. “Kita mau agar masyarakat sadar akan manfaat donor,” tuturnya.

Sebelumnya selama pandemi, sempat terjadi penurunan stok darah karena masyarakat ragu untuk donor. Namun saat ini, lanjutnya, sejak November tahun lalu kesadaran masyarakat untuk donor sudah membaik dan kebutuhan darah di rumah sakit bisa PMI penuhi.

“Warga Aceh khususnya yang di Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Aceh Jaya, yang sedang di rumah sakit dan butuh darah, tidak perlu takut dan risau, insyaAllah PMI Banda Aceh siap sediakan darah,” ujar Dedi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here