Selama Ramadan 2022 Stok Darah di PMI Kota Banda Aceh Stabil

7
views

Banda Aceh – Ketersediaan darah di PMI Kota Banda Aceh sepanjang Ramadan tahun ini cukup stabil. Hal itu dibuktikan dengan kemampuan PMI Kota Banda Aceh dalam menyuplai darah untuk kebutuhan pasien di rumah sakit dan klinik.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Dedi Sumardi Nurdin mengatakan, ketersediaan darah di PMI stabil karena menjelang Ramadan kemarin PMI gencar melakukan kegiatan donor darah di lembaga pemerintah, jajaran TNI/Polri, dan swasta.

“Dari awal puasa kemarin stok aman, permintaan darah selalu bisa kita penuhi. Memang dipertengahan kemarin permintaan darah O+ dan A+ meningkat, dan alhamdulillah semua bisa kita penuhi,” kata Dedi di Banda Aceh, pada Selasa, 26 April 2022.

Khusus Ramadan tahun ini, PMI Kota Banda Aceh baru menggelar kegiatan donor darah di warung kopi dan masjid mulai pertengahan Ramadan karena stabilnya ketersediaan darah. Dalam hal ini, Dedi sangat mengapresiasi Pemerintah Aceh melalui gerakan ASN berdonor dan jajaran TNI/Polri yang telah menyumbang darah cukup banyak.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh dr. Ratna Sari Dewi menjelaskan, selama Ramadan PMI juga hadir dengan paket spesial Ramadan bagi pendonor yang langsung donor di Kantor PMI Kota Banda Aceh. Program ini cukup mendapat antusias dari masyarakat, khususnya pendonor rutin.

“Setiap hari orang yang datang langsung ke kantor untuk donor rata-rata 30 pendonor,” ujar dr. Ratna.

dr. Ratna menjamin stok darah di PMI Kota Banda Aceh akan tetap stabil hingga akhir Ramadan dan hari raya nanti. Karenanya ia meminta pasien kondisi khusus seperti thalasemia, hemodialisa, dan pasien operasi, tidak khawatir terkait ketersediaan darah di PMI.

Ia juga berharap masyarakat bisa aktif berpartisipasi dalam kegiatan donor darah di warkop dan masjid yang dimulai usai tarawih atau pukul 21.00 WIB s/d selesai.

“Kita sangat berterima kasih untuk masyarakat yang cukup sadar pentingnya donor darah. Paket sembako dan puding yang kami kasih itu sebenarnya nggak sebanding dengan manfaat dari donasi darah yang masyarakat berikan. Makanya kami sangat berterima kasih,” tutur dr. Ratna.

Ia berpesan kepada relawan di lembaga-lembaga kemanusiaan, agar menghubungi dan mengkorfirmasi ke Call Center PMI Kota Banda Aceh terkait permintaan darah.

“Kami yakin dan percaya semua niat kita hari ini baik, mudah-mudahan kita semua bisa memberi pelayanan maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Lanjutnya, petugas call center PMI Kota Banda Aceh setiap hari menghubungi pendonor rutin yang sudah masuk jadwal donor untuk mendonorkan darah. Tujuannya agar ketersediaan darah di PMI tetap stabil.

“Kita juga melakukan pengambilan darah secara apheresis, yaitu pengambilan komponen darah tertentu saja untuk mencukupi permintaan trombosit untuk anak-anak kanker,” paparnya.

dr. Ratna mengajak seluruh warga Banda Aceh untuk menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup sehat, terlebih donor di bulan puasa pahalanya bisa berlipat karena berbuat kebaikan di bulan mulia.

Jika ada yang ingin mendapatkan informasi mengenai stok darah, atau memiliki keluhan dan saran, agar menyampaikan langsung ke PMI Kota Banda Aceh melalui Call Center PMI Kota Banda Aceh di 08116815800 atau di instagram @pmikotabandaaceh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here