Kepala UDD PMI Banda Aceh Beri Seminar Donor Darah ke Mahasiswa

16
views

Banda Aceh – Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banda Aceh dr. Ratna Sari Dewi memberi materi tentang donor darah kepada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Serambi Mekkah, pada Rabu, 15 Juni 2022.

Seminar tentang donor darah tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara pelantikan Kepengurusan BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat angkatan 2022/2023. Seminar tersebut mengambil tema “Meningkatkan Karakteristik Relawan Cepat dan Tanggap Demi Keselamatan Jiwa untuk Sesama”.

Dalam kesempatan itu, dr. Ratna menjelaskan mengenai peraturan pemerintah terkait pelayanan darah dan cakupan pelayanan yang diberikan oleh UDD PMI. Pada dasarnya, UDD PMI diberikan hak untuk menyelenggarakan pelayanan darah yang mencakup mencari, mengolah, dan mendistribusikan darah.

“Darah yang udah diambil dari pendonor, itu diolah dan diuji kesehatan darahnya. Setelah darah tersebut dinyatakan sehat, disimpan dulu di cold room. Baru didistribusikan ke rumah sakit sesuai permintaan mereka,” ujar dr. Ratna kepada peserta seminar.

Ia juga menjelaskan mengenai Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD) yang sempat viral beberapa waktu lalu. BPPD secara legal diatur dalam Pergub Aceh no. 79 tahun 2014. BPPD sendiri digunakan PMI sebagai operasional kegiatan pelayanan darah. Karena itu, ia berharap masyarakat tidak salah paham soal BPPD.

“Kami tidak jual darah. Biaya pengganti pengolahan darah itu digunakan untuk operasional kegiatan pelayanan darah sendiri,” terang dr. Ratna.

dr. Ratna menyampaikan, donor darah menjadi salah satu aktivitas yang baik karena bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Beberapa manfaat donor darah diantaranya bisa menyehatkan jantung, menurunkan risiko kanker, dan membantu mendeteksi penyakit serius.

Sementara itu, setiap hari di rumah sakit ada pasien yang membutuhkan darah. Karenanya donasi darah dari pendonor sangat dibutuhkan. Ia mengajak para mahasiswa agar mau menjadi pendonor rutin agar pasien di rumah sakit bisa terbantu dan tidak sulit mencari darah.

PMI Kota Banda Aceh setiap hari melakukan kegiatan donor darah. Bagi masyarakat yang ingin melihat stok darah dan jadwal donor darah di PMI Kota Banda Aceh bisa mengaksesnya melalui aplikasi Rumoh Pendonor yang tersedia di Google Play Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here