PMR MAN 1 Gelar Diklat Junior untuk Anggota Baru

54
views

Banda Aceh – Palang Merah Remaja (PMR) MAN 1 Banda Aceh menggelar kegiatan Diklat Junior 2023 untuk anggota baru PMR di sekolah tersebut. Sebanyak 15 anggota baru PMR MAN 1 Banda Aceh bakal mengikuti pendidikan dasar selama tiga hari pada 27-29 Januari 2023 di lingkungan sekolah MAN 1 Banda Aceh.

Waka Kesiswaan MAN 1 Banda Aceh Sartika Fitri dalam sambutannya mengatakan, Palang Merah Remaja merupakan salah satu unit kegiatan ekstrakulikuler yang cukup bagus diikuti oleh pelajar karena ilmu yang dipelajari nantinya akan bermanfaat tidak hanya untuk anggota PMR sendiri, tapi juga lingkungan sekitar.

“Sekarang ini tidak banyak generasi muda yang mau terjun dibidang kemanusiaan. Kami selalu bangga dan berdoa agar peserta dan panitia kegiatan berkomitmen menjalankan prinsip-prinsip kemanusiaan,” ujar Sartika sebelum membuka kegiatan Diklat Junior 2023 di Balai Diklat Keagamaan Provinsi Aceh, Banda Aceh, Jumat sore, 27 Januari 2023.

Ia berharap, prinsip-prinsip dasar kemanusiaan yang dipegang teguh organsiasi kepalangmerahan juga diimplementasikan oleh anggota PMR dalam kesehariannya. Di samping itu, berbagai program PMR MAN 1 Banda Aceh yang sudah berjalan selama ini, diharapkan tetap dijalankan kedepannya.

“Terutama soal donor darah, itu yang harus terus digalakkan sebagai cara kita rawat semangat menolong sesama,” tuturnya. Untuk diketahui, PMR MAN 1 Banda Aceh pada 1-2 November 2022 selama dua hari menyelenggarakan kegiatan donor darah yang berhasil mengumpulkan darah sebanyak 181 kantong.

Ketua Bidang Organisasi PMI Kota Banda Aceh Afdhal Khalilullah Mukhlis mengatakan, mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti PMR akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan kemampuan remaja. Ia mengapresiasi kepada anggota PMR yang selama ini aktif berorganisasi, ia juga berharap anggota baru yang mengikuti Diklat Junior 2023 bisa berkomitmen dan mengikuti orientasi dasar hingga selesai.

“Untuk adik-adik, tetap semangat mengikuti kegiatan positif seperti ini karena outputnya akan dirasakan sendiri nanti. Jadi tetap nikmati dan tetap semangat,” ujarnya.

Ia menilai, salah satu permasalahan remaja saat ini ialah kurangnya akhlak dan sopan santun, serta kerap terjerumus kedalam lingkungan narkotika. Karenanya, salah satu jalan mendidik akhlak dan mendapatkan lingkungan yang sehat ialah dengan mengikuti kegiatan organisasi. Dalam organsiasi, lanjutnya, para anggota akan belajar banyak hal positif sehingga meningkatkan softskill dan hardskill anggotanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here