Donor Darah di BPBA Kumpulkan Darah Sebanyak 32 Kantong

61
views

Banda Aceh – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) bekerja sama dengan PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela yang diikuti oleh pegawai BPBA serta mitra di lobi kantor tersebut pada Senin, 6 Februari 2023. Dalam kegiatan itu, Kepala Pelaksana BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP, ikut mendonorkan darahnya.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 83 pegawai termasuk pimpinan lembaga BPBA dan mitra mendaftar untuk donor darah. Namun sebanyak 32 pendonor yang berhasil mendonorkan darahnya, sementara 51 lainnya batal donor karena beberapa sebab, seperti tensi rendah/tinggi, hb rendah/tinggi, kurang jam tidur, sedang mengkonsumsi obat, dan lainnya.

Koordinator donor darah BPBA yang juga Kepala Seksi Rekonstruksi BPBA, Mukhsin Syafii, ST, MT, menyampaikan, gerakan donor darah sukarela di BPBA rutin dilakukan sejak tahun 2020 lalu, semenjak Pemerintah Aceh meluncurkan program gerakan ASN berdonor. Ia menganjurkan masyarakat untuk rutin berdonor karena donor darah memiliki banyak manfaat.

“Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh seseorang saat melakukan donor darah, diantaranya, disamping mendapatkan pahala juga manfaat kesehatan, diantaranya menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan risiko kanker, dan membantu lebih sehat secara psikologis,” ujar Mukhsin disela kegiatan donor.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri mengapresiasi pegawai BPBA serta mitra yang sudah antusias untuk berdonor darah. Jajaran pimpinan BPBA yang turut berdonor tadi, lanjut Haeqal, juga punya andil dalam memotivasi semua pekerja di lingkungan BPBA untuk juga mendonorkan darah.

“Kami sangat senang dengan pimpinan yang suka donor darah. Karena orang-orang di bawah biasanya ikut pimpinan. Jadi aksi pak Kalak BPBA tadi juga secara tidak langsung turut memotivasi pegawai lain untuk berdonor. Ini sangat positif,” ujar Haeqal di Banda Aceh.

Saat ini, lanjutnya, sudah banyak orang yang sadar akan manfaat donor darah. Kesadaran tersebut turut memotivasi pendonor untuk rutin berdonor. Ia melihat, kaula muda, khususnya mahasiswa, sengaja datang ke kegiatan donor darah PMI untuk coba donor darah.

“Alhamdulillah anak muda banyak yang mulai berani untuk donor. Kemarin di beberapa tempat, ada mahasiswa yang sengaja datang untuk tes donor. Itu pertama kali dia donor. Mudah-mudahan kedepan masyarakat kita bisa jadiin donor darah sebagai bagian dari gaya hidup sehat,” tuturnya.

Haeqal mengatakan, PMI Kota Banda Aceh setiap hari melakukan kegiatan donor darah di luar gedung. Jadwal donor darah ini bisa dilihat melalui aplikasi Donorku atau instastory PMI Kota Banda Aceh yang diupdate setiap sore. Bagi masyarakat yang butuh darah, katanya, bisa menghubungi Call Center PMI Kota Banda Aceh 08116815800.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here