Dampingi Pj Gubernur Aceh Donor Darah, Haeqal: ASN Jadi Tulang Punggung Pemenuhan Darah

39
views

Banda Aceh – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki melakukan donor darah bersama ASN dilingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Aceh pada Jumat, 11 Agustus 2023, di halangan Kantor BPSDM Aceh. Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri turut mendampingi Pj Gubernur Aceh berdonor darah.

Ahmad Haeqal Asri mengatakan, ASN saat ini menjadi tulang punggung utama terkait pemenuhan darah untuk pasien di rumah sakit dan klinik di Banda Aceh dan kabupaten/kota lainnya. Karenanya, ia mengucapkan terima kasih kepada ASN yang sudah rutin berdonor secara sukarela.

“ASN saat ini sudah banyak yang jadikan donor darah ini sebagai gaya hidup dan ibadah. Jadi mereka yang sudah rutin donor itu insyaAllah tetap sehat dan mereka juga beribadah dengan menolong orang lain,” tutur Haeqal.

Ia juga mengapresiasi Pj Gubernur Aceh yang merupakan seorang pendonor rutin. Ia bercerita Pj Gubernur Aceh sudah mulai donor darah sejak duduk dibangku SMA. “Beliau (Pj Gubernur Aceh) bilang (donor darah) untuk kesehatan dan bisa membantu orang lain,” ujar Haeqal.

Ia berharap ASN dan masyarakat Aceh bisa mengikuti jejak Pj Gubernur Aceh yang sudah rutin berdonor dan menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidupnya.

Haeqal mengatakan, Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh masih belum bisa seratus persen memenuhi permintaan darah dari rumah sakit. Setiap harinya, rata-rata permintaan darah yang masuk ke UDD PMI Kota Banda Aceh bisa mencapai 100-150 kantong. Jumlah permintaan darah bisa meningkat saat sedang terjadi wabah penyakit musiman.

“Makanya kita harus tetap waspada dan selalu jaga kesehatan. Kita bantu penuhi permintaan darah itu bukan hanya untuk pasien talasemia, tapi juga untuk pasien-pasien lain seperti kecelakaan, kanker, dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu usai berdonor, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki kembali mengingatkan para ASN dilingkungan Pemerintah Aceh untuk selalu mengikuti kegiatan donor darah, sebagai upaya memenuhi kebutuhan darah pasien di rumah sakit, khususnya pasien yang dirawat di Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan sekitarnya.

“ASN harus selalu mengikuti donor darah rutin sesuai jadwal. Tadi kata Ketua PMI Banda Aceh, kebutuhan harian darah di Banda Aceh dan sekitarnya mencapai 100 hingga 150 kantong setiap harinya. Meskipun apa yang kita lakukan selama ini belum mencukupi, setidaknya bisa menyokong PMI dalam memenuhi kebutuhan darah harian,” imbau Gubernur.

“Selain ASN, saya juga mengajak masyarakat Aceh untuk rutin berdonor darah. Mari jadikan donor darah sebagai rutinitas gaya hidup sehat, sekaligus membantu sesama yang membutuhkan sebagai ibadah membantu sesama yang membutuhkan,” imbuh Gubernur.

Kepala BPSDM Aceh, Syaridin mengatakan, BPSDM Aceh siap mendukung program donor darah yang dilakukan Pemerintah Aceh dan PMI Kota Banda Aceh dalam rangka memberikan bantuan kepada pasien yang membutuhkan darah. Lanjutnya, setiap kali masuk jadwal kegiatan donor darah, BPSDM Aceh selalu mengerahkan ASN dilingkungannya untuk rutin berdonor darah.

Ia berharap, ASN dan masyarakat yang bisa donor darah agar tidak segan dan takut melakukan donor darah karena setetes darah adalah kehidupan bagi yang membutuhkan.

Sebagai informasi, dalam memenuhi permintaan darah pasien di rumah sakit dan klinik, PMI Kota Banda Aceh telah menjalin kerja sama donor darah dengan Pemerintah Aceh, jajaran TNI/Polri, pihak swasta, LSM, dan komunitas. Bagi masyarakat yang ingin butuh permintaan darah silakan hubungi Call Center Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh pada nomor 08116815800.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here