Donor Darah Hari Kemerdekaan, PMI Banda Aceh Kumpulkan Darah 70-an Kantong

31
views

Banda Aceh – PMI Kota Banda Aceh bekerja sama dengan beberapa perangkat gampong di Banda Aceh dan Aceh Besar menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Dari kegiatan donor darah yang berlangsung di Lapangan Bola Tungkop, Gedung Escape Building Gampong Lambung, dan di Gampong Deunong, tersebut berhasil mengumpulkan darah sebanyak 76 kantong dengan rincian 27 kantong disumbang pendonor di Kemukiman Tungkop, sebanyak 30 kantong dari pendonor di Gampong Lambung, dan 19 kantong lainnya dari pendonor di Gampong Deunong, Aceh Besar.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri mengatakan, kegiatan donor darah yang digelar di hari kemerdekaan Indonesia diinisiasi oleh perangkat gampong dan PMI Kota Banda Aceh memfasilitasi setiap permintaan kerja sama kegiatan donor darah.

“Kegiatan donor darah di gampong-gampong hari ini untuk memeriahkan acara HUT RI di gampong. Jadi selain ada perlombaan, juga ada donor darah. Alhamdulillah banyak masyarakat gampong yang ikut donor darah,” ujar Haeqal di Banda Aceh.

Kerja sama kegiatan donor darah dengan perangkat gampong ini, lanjut Haeqal, menunjukkan kesadaran dan semangat donor darah masyarakat sudah meningkat. Ia berharap, perangkat gampong bisa secara rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah di wilayahnya sehingga akses masyarakat untuk donor darah lebih dekat.

“Sebenarnya banyak masyarakat yang tanya kapan PMI buat donor darah di gampong, seperti di masjid. Tapi seringnya belum dapat momen yang tepat. Semoga kedepan kegiatan donor darah di gampong-gampong bisa kita lakukan lebih intens lagi sehingga masyarakat yang mau donor bisa lebih dekat, nggak perlu di Gedung Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh,” ujar Haeqal.

Ia mengatakan, dengan meningkatnya kesadaran masyarakat gampong untuk donor darah akan memberi dampak positif yang luas, baik untuk pribadi pendonor maupun untuk pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi darah.

Koordinator kegiatan donor darah di Gampong Deunong, Yufriadi mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan donor darah untuk menyemarakkan peringatan HUT RI ke-78. Meski kegiatan donor darah perdana dilakukan di gampong tersebut, masyarakat dan perangkat desa turut aktif ikut daftar donor darah.

“Alhamdulillah masyarakat di sini banyak yang mau donor. Tapi tadi banyak yang gagal juga di tensi dengan cek HB. Kedepan kita akan buat lagi, tapi kita juga sosialisasi dulu ke masyarakat supaya jaga kesehatan menjelang kegiatan donor, sehingga yang bisa donor darah juga banyak,” ujarnya.

Ia berharap, darah yang disumbangkan masyarakat hari ini bisa bermanfaat bagi pasien di rumah sakit dan klinik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here