Peringati HUT ke 78, PMI Kota Banda Aceh Gelar Apel Bersama Relawan

26
views

Banda Aceh – PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan apel bersama relawan unit PMI se-Kota Banda Aceh pada Minggu, 17 September 2023, di Markas PMI Kota Banda Aceh. Apel ini digelar dalam rangka memperingati HUT Palang Merah Indonesia ke 78.

Ketua PMI Provinsi Aceh, Murdani Yusuf, yang menjadi pembina apel mengatakan, organisasi PMI yang telah berdiri selama 78 tahun selama turut aktif berkontribusi memberikan pelayanan masyarakat, khususnya pada kebencanaan.

“Kita, sebagai relawan terkadang harus standby 24 jam. Tapi itu wujud bakti kita relawan PMI, kita harus sigap ketika dibutuhkan. Seperti pelayanan donor darah dan permintaan darah, kita melayani dari hulu ke hilir,” ujar Murdani dalam amanatnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan amanat Ketua Umum PMI Jusuf Kalla. Jusuf Kalla menjelaskan lembaga PMI penting karena memiliki pengabdian yang tinggi kepada bangsa. Ia juga menyampaikan rasa syukur karena pada tahun 2023 tidak banyak bencana terjadi. Namun demikian, perubahan iklim yang menyebabkan kekeringan masih menjadi persoalan serius, karenanya salah satu program utama PMI adalah membantu masyarakat yang terdampak kekeringan yang kekurangan air bersih.

“Pada bulan-bulan yang akan datang kita akan menjalankan program penghijauan. Semua relawan haruslah menanam pohon yang tentu kita akan koordinasikan bersama sama,” ujar Murdani mengutip amanat Jusuf Kalla.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri menyebutkan, sebanyak seratusan relawan PMI se-Kota Banda Aceh mengikuti apel HUT PMI tahun ini. Para relawan ini berasal dari unit PMR, KSR, TSR, hingga pengurus ranting kecamatan.

Haeqal melanjutkan, PMI Kota Banda Aceh memanfaatkan momen HUT PMI ke-78 ini untuk mempererat silaturrahmi dengan semua relawan dari berbagai unit di bawah PMI Kota Banda Aceh. Usai apel, para pengurus beserta unit relawan melanjutkan kegiatan dengan ngopi dan makan kuah beulangong bersama.

“Alhamdulillah ramai yang hadir walaupun hari Minggu. Kita ambil momen HUT ini sekalian dengan silaturrahmi juga untuk mempererat hubungan antar relawan,” ujar Haeqal.

Ia berharap, seperti amanat Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, relawan PMI bisa tetap menjaga integritasnya sebagai relawan PMI, yaitu dengan sepenuh hati membantu kegiatan-kegiatan Palang Merah dan dapat mengabdi kepada kemanusiaan.

“Sepenuh hati artinya penuh ikhlas, penuh kerja keras dan tentu juga pengabdian untuk mendapatkan amal ibadah,” tutur Haeqal mengutip Jusuf Kalla.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here