PMI Banda Aceh dan Bulan Sabit Merah Malaysia Negeri Perak Akan Lakukan Kolaborasi

6
views

Banda Aceh – Palang Merah Indonesia Kota Banda Aceh dan Bulan Sabit Merah Malaysia (BSMM) Negeri Perak berencana melakukan kolaborasi dan kerja sama. Kesepakatan ini dibicarakan dalam pertemuan Pengurus PMI Kota Banda Aceh dengan Pengurus BSMM Negeri Perak di Markas PMI Kota Banda Aceh pada Selasa, 13 Februari 2024.

Chairman BSMM Negeri Perak, Dato’ H. Jamaludin mengatakan, seruan kolaborasi dan kerja sama dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas program, layanan, dan relawan organisasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Ia mengaku, ada beberapa program positif yang dilakukan PMI Kota Banda Aceh yang bisa diadaptasi BSMM Negeri Perak.

“Meski hari ini kunjungan kami tidak ramai, insyaAllah pada September nanti kita akan bawa lagi satu rombongan untuk agenda bersama,” ujar Dato’ H. Jamaludin kepada Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri, S.Ked., M.M., Wakil Ketua Teuku Nanta Muda, S.T., M.M., dan Kabid Kesos dan Pegembangan UDD dr. Natalina Christanto yang hadir dalam pertemuan itu.

Ia mengatakan, Pengurus BSMM Negeri Perak mengunjungi Markas PMI Kota Banda Aceh dilakukan dalam rangka kunjungan kerja dan studi banding. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pengurus PMI Kota Banda Aceh yang telah menyambut kunjungan kerja dan berdiskusi dengan BSMM Negeri Perak.

“Tujuan kami ke sini ialah untuk dapatkan maklumat, idea, yang telah dijalankan oleh PMI Kota Banda Aceh. Alhamdulillah banyak aktivitas yang dijalankan oleh PMI Kota Banda Aceh di tempat kita itu belum ada, misalnya seperti derma darah. InsyaAllah (yang baik di sini) akan kita bawa ke sana,” ujar Dato’ H. Jamaluddin.

Dalam kunjungan itu, rombongan BSMM juga ikut melihat proses dan fasilitas donor darah di Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh. Dato’ H. Jamaluddin menilai, fasilitas dan pelayanan donor darah di PMI Kota Banda Aceh sudah baik dan bagus. “Tinggal kita semarakkan lagi donor darah supaya makin banyak orang yang sadar akan donor darah,” ujarnya.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri, S.Ked., M.M. mengatakan, BSMM Negeri Perak berencana berkunjung kembali ke PMI Kota Banda Aceh pada September mendatang untuk merealisasikan beberapa agenda, terutama ikut dalam memeriahkan HUT Palang Merah Indonesia.

“Intinya kita akan kolaborasi. Nanti ada juga pertemuan volunteer BSMM Negeri Perak dengan relawan kita di tingkat PMR, KSR, dan TSR,” tutur Haeqal.

Haeqal menyebutkan, pengurus PMI Kota Banda Aceh juga sedang merencanakan beragam agenda sosial dalam menyemarakkan HUT PMI tahun ini. Sebagai informasi, pada HUT PMI 2023 kemarin, PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan jalan santai yang diikuti ribuan peserta dan juga pengundian doorprize donor darah bagi pendonor di PMI Kota Banda Aceh.

“Mudah-mudahan kerja sama itu terjalin, dan insyaAllah di September kita akan bekerja sama dengan BSMM Negeri Perak untuk melakukan kegiatan bersama,” ujar Haeqal.

Ia mengaku senang atas kunjungan kerja dari Pengurus BSMM Negeri Perak. Menurutnya, dari diskusi dengan BSMM Negeri Perak, ada banyak hal yang bisa diadaptasi oleh PMI Kota Banda Aceh. Haeqal mencontohkan, jika pada tahun lalu PMI Kota Banda Aceh melakukan pelatihan kesiapsiagaan bencana dengan satu relawan pada setiap gampong, BSMM Negeri Perak telah menerapkan pelatihan pertolongan pertama dengan satu orang pada setiap satu rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here