PMI Banda Aceh Terima Kunjungan dari Bulan Sabit Merah Malaysia Negeri Perak

6
views

Banda Aceh – Pengurus Bulan Sabit Merah Malaysia (BSMM) Negeri Perak mengunjungi Markas PMI Kota Banda Aceh pada Selasa pagi, 13 Februari 2024. Kunjungan dari pengurus BSMM Negeri Perak ini disambut langsung oleh Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri, S.Ked., M.M., Wakil Ketua Teuku Nanta Muda, S.T., M.M., dan Kabid Kesos dan Pegembangan UDD dr. Natalina Christanto.

Chairman BSMM Negeri Perak, Dato’ H. Jamaludin mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka kunjungan kerja dan studi banding dengan PMI Kota Banda Aceh. Ia mengucapkan terima kasih kepada Pengurus PMI Kota Banda Aceh yang telah menyambut kunjungan kerja dan berdiskusi dengan BSMM Negeri Perak.

“Tujuan kami ke sini ialah untuk dapatkan maklumat, idea, yang telah dijalankan oleh PMI Kota Banda Aceh. Alhamdulillah banyak aktivitas yang dijalankan oleh PMI Kota Banda Aceh di tempat kita itu belum ada, misalnya seperti derma darah. InsyaAllah (yang baik di sini) akan kita bawa ke sana,” ujar Dato’ H. Jamaluddin usai melihat proses donor darah di PMI Kota Banda Aceh.

Ia menjelaskan, sedikit perbedaan yang kentara dari PMI Kota Banda Aceh dan BSMM Negeri Perak ialah dari segi pendanaan dan pendapatan. Di BSMM Negeri Perak, kementerian dan pemerintahan menjadi donatur tetap BSMM sehingga secara keuangan stabil dan program-program bisa berlangsung maksimal dan berkelanjutan. Selain itu, BSMM Negeri Perak juga mendapatkan pendapatan dari sewa properti dan lainnya.

“Kalau di sini sebaiknya seperti itu juga, adanya orang-orang yang, seperti politisi, harus memperjuangkan lembaga kemanusiaan dan mendorong agar pemerintah memperhatikan lembaga seperti PMI,” tuturnya.

Di samping itu ia menilai, fasilitas dan pelayanan Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh sudah bagus dan baik. Ia yakin, dengan giatnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang donor darah, akan semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya donor darah.

“Ide-ide yang ada disini (PMI Kota Banda Aceh) akan kita bawa ke sana, dan kita alu-alukan kedatangan PMI Kota Banda Aceh ke Perak,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dato’ H. Jamaluddin mengatakan akan melakukan kolaborasi dengan PMI Kota Banda Aceh. Mereka berencana untuk menyemarakkan HUT Palang Merah Internasional dengan turut berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan antara PMI Kota Banda Aceh dan BSMM Negeri Perak.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri, S.Ked., M.M., mengatakan sangat senang atas kunjungan dari BSMM Negeri Perak. Ia mengaku mendapat banyak hal baru yang bisa diterapkan oleh PMI Kota Banda Aceh dalam program kerjanya.

Haeqal mencontohkan, jika pada tahun lalu PMI Kota Banda Aceh melakukan pelatihan kesiapsiagaan bencana dengan satu relawan pada setiap gampong, BSMM Negeri Perak telah menerapkan pelatihan pertolongan pertama dengan satu orang pada setiap satu rumah.

“Jadi setiap satu rumah mesti ada satu orang yang ahli pertolongan pertama. InsyaAllah kita juga bisa memberlakukan konsep satu rumah satu orang yang memang sigap dan paham tentang pertolongan pertama,” ujar Haeqal.

Dalam hal penyediaan darah, Haeqal menjelaskan, selama ini PMI Kota Banda Aceh bersama Pemerintah Aceh, TNI-Polri, kementerian, swasta, dan komunitas telah berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan donor darah. Kedepan, ia berharap donor darah bisa menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, khususnya kaula muda, sehingga kesadaran untuk berdonor darah semakin tinggi.

“Mudah-mudahan kedepannya kita bisa jadi lebih baik, bisa memberikan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat luas, terutama pasien yang dirawat di Banda Aceh, dan secara keseluruhan karena kita merupakan penyedia darah di seluruh Aceh, maka kita harus mampu menyanggupi kebutuhan darah untuk seluruh Aceh,” ujar Haeqal.

Haeqal juga punya keinginan untuk melakukan kunjungan balasan dan studi tur ke BSMM Negeri Perak. “Ada banyak hal yang memang bisa kita pelajari di Perak,” jelas Haeqal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here