Donor Darah HUT Persit ke 78, Kodim 0101/KBA Berhasil Kumpulkan Darah 220 Kantong

16
views

Banda Aceh – Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang 27 Kodim 0101 PD Iskandar Muda menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam rangka memeriahkan HUT Persit Kartika Chandra Kirana ke 78. Kegiatan yang berlangsung di lingkungan Kodim 0101/Kota Banda Aceh pada Kamis (29/2/2024) ini berhasil mengumpulkan darah sebanyak 220 kantong.

Ketua Persit KCK Cabang 27 Kodim 0101 PD Iskandar Muda, Ny. drg. Fajar Widya Wijanarko, SpPerio, mengatakan, tahun ini kegiatan donor darah yang diselenggarakan Persit Kartika Chandra Kirana menargetkan dapat mengumpulkan darah sebanyak 78 ribu kantong di seluruh Indonesia.

“Oleh karena itu kami mengajak semua ibu-ibu persit dan masyarakat Aceh agar bersama-sama mendonorkan darahnya. Ini juga karena kita akan segera menyambut bulan Ramadan,” ujarnya.

Ny. drg. Fajar Widya Wijanarko, SpPerio, turut ikut mendonorkan darahnya pagi tadi. Di sampingnya, istri Kasdam Iskandar Muda, Luh Gede Yustikawati juga ikut mendonorkan darahnya. Kegiatan donor darah ini mayoritas diikuti oleh anggota Persit dan prajurit TNI.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Persit KCK PD Iskandar Muda dan jajarannya yang telah menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela dengan target donasi darah hingga 200 kantong dalam sehari.

Kegiatan donor darah yang digelar menjelang Ramadan ini, lanjut Haeqal, sangat membantu menstabilkan stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banda Aceh. Ia menambahkan, saban Ramadan stok darah di UDD PMI Kota Banda Aceh sering menipis karena minimnya pendonor sukarela, sementara di rumah sakit ada banyak pasien yang membutuhkan darah.

“Kami sangat berterima kasih karena kegiatan donor darah yang digelar Persit diberbagai jajaran ini sangat membantu PMI memenuhi permintaan darah dari pasien. Apalagi kebiasaan selama Ramadan, stok darah di PMI sangat tidak stabil,” ujar Haeqal.

Ia mengajak masyarakat Aceh, khususnya di Kota Banda Aceh agar ikut berdonor darah pada Ramadan nanti. Selain membantu menyelamatkan nyawa sesama, donor darah di bulan Ramadan juga memiliki nilai ibadah yang berlipat ganda.

Selama Ramadan nanti, PMI Kota Banda Aceh akan standby pada masjid dan warung kopi untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah. Sementara jadwal donor darah bisa dilihat pada akun instagram @pmikotabandaaceh atau melalui aplikasi Donorku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here