Kodim Aceh Jaya Gandeng PMI Banda Aceh Gelar Donor Darah, Berhasil Kumpulkan Darah 140 Kantong

14
views

Aceh Jaya – Kodim 0114/Aceh Jaya bersama PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela dalam rangka memeriahkan HUT Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) ke 78. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 1 Maret 2024, di pelataran Kodim 0114/Aceh Jaya, Krueng Sabee, Aceh Jaya.

Dandim 0114/Aceh Jaya, Letkol Inf. Alimudin mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah sekaligus memberikan sumbangsih prajurit TNI Angkatan Darat untuk pasien yang membutuhkan darah di rumah sakit. Dari kegiatan donor darah hari ini, berhasil dikumpulkan darah sebanyak 140 kantong.

“Diharapkan, donasi darah dari kami jajaran Kodim dan mitra kami, darah ini memberikan manfaat bagi yg membutuhkan,” ujar Letkol Inf. Alimudin disela kegiatan donor.

Sebelum kegiatan donor digelar, Kodim 0114/Aceh Jaya terlebih dahulu melakukan sosialisasi dan edukasi kepada prajuritnya tentang donor darah. Hal ini dilakukan agar setiap prajurit memahami pentingnya donor darah untuk membantu menyelamatkan sesama dan menyehatkan tubuh.

“Kita nggak boleh takut untuk donor darah karena donor darah ini bagus untuk tubuh kita, menurunkan kolesterol, meminimalisir risiko serangan jantung, dan lain-lain. Jadi banyak sekali manfaat bagi kesehatan apalagi kalau dilaksanakan secara rutin,” jelasnya.

Wakil Ketua PMI Kota Banda Aceh, Teuku Nanta Muda, S.T., M.M., mengatakan, antusiasme prajurit TNI dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXIX Kodim 0114/Aceh Jaya serta warga yang ikut mendonorkan darahnya sangat tinggi. Hal ini dibuktikan oleh tingginya jumlah masyarakat yg berhasil donor darah hari ini, yaitu mencapai 140 pendonor.

“Targetnya hari ini di Kodim Aceh Jaya itu 100 kantong. Alhamdulillah yang berhasil donor sampai 140 orang. Ini bisa jauh melebihi target karena semangat pendonor yang sangat tinggi. Kami sangat berterima kasih karena donasi darah dari saudara semua sangat bermanfaat,” ujar Nanta.

Nanta menjelaskan, kegiatan donor darah yang dilakukan Kodam Iskandar Muda dan jajarannya dalam tiga hari terakhir bersama PMI Kota Banda Aceh berhasil mengumpulkan darah lebih dari 500 kantong. Donasi darah ini sangat membantu PMI Kota Banda Aceh dalam memenuhi permintaan darah pasien di rumah sakit.

Ia berharap, selama Ramadan 2024 nanti banyak masyarakat Aceh yang mau mendonorkan darahnya karena kebiasaan di Bulan Ramadan, PMI Kota Banda Aceh kekurangan stok darah.

Sebagai informasi, selama Ramadan nanti Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh saban malam menyelenggarakan kegiatan donor darah di masjid-masjid dan warung kopi sekitaran Banda Aceh dan Aceh Besar. Selain itu, donor darah juga dilakukan dengan menggandeng komunitas dan LSM.

“Biasanya separuh awal Ramadan itu kami banyak gelar di masjid-masjid, separuh akhir baru lebih sering ke warung kopi. Mudah-mudahan antusias warga dan jamaah masjid untuk donor darah juga tinggi,” jelas Nanta.

Bagi masyarakat yang ingin mengecek jadwal donor darah selama Ramadan bisa diakses melalui instagram PMI Kota Banda Aceh atau aplikasi Donorku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here