PMI Kota Banda Aceh Serahkan Donasi Kemanusiaan Peduli Turki ke PMI Provinsi

58
views

Banda Aceh – PMI Kota Banda Aceh menyerahkan donasi kemanusiaan peduli Turki kepada PMI Provinsi Aceh pada Sabtu, 18 Maret 2023, di Markas PMI Provinsi Aceh. Donasi dari masyarakat Kota Banda Aceh ini diserahkan langsung oleh Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri dan diterima oleh Ketua PMI Provinsi Aceh, Murdani Yusuf.

Sebelumnya, PMI Kota Banda Aceh membuka ruang donasi bagi para dermawan pada 12-27 Feburari 2023. Dari penggalangan ini, terkumpul donasi sebanyak Rp.20.310.500. Donasi yang dikumpulkan berasal dari beberapa kegiatan, salah satunya lelang produk pada malam amal yang diselenggarakan PMI Kota Banda Aceh pada 18 Februari 2023. Hotel Kyriad Muraya dan Ija Kroeng turut berpartisipasi dalam kegiatan lelang ini. Hasil lelang seutuhnya disumbangkan untuk korban terdampak gempa Turki.

Ketua PMI Provinsi Aceh, Murdani Yusuf mengatakan, donasi yang dikumpulkan oleh PMI Kota Banda Aceh dan jajaran PMI tingkat kabupaten/kota lainnya, seluruhnya akan diserahkan kepada PMI Pusat sebelum disalurkan kepada korban terdampak gempa Turki. Penggalangan donasi sendiri dilakukan oleh jajaran PMI diseluruh Indonesia pada semua tingkatan.

“Alhamdulillah, donasi dari masyarakat Aceh ini akan segera disalurkan untuk korban bencana gempa Turki. Kami ucapkan terima kasih banyak untuk semua dermawan dan donatur yang sudah ikhlas memberi. Semoga kebaikan para dermawan semua mendapat balasan dari Allah,” ujar Murdani Yusuf usai menerima donasi.

Ia juga mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah memberikan donasi melalui rekening kemanusiaan PMI Kota Banda Aceh, para seniman yang memeriahkan acara malam amal di New Normal Coffee, para sponsor yang mendukung kegiatan donasi, serta relawan PMI Kota Banda Aceh dari lintas unit yang sudah bekerja keras membantu mengumpulkan donasi dari masyarakat. Di samping itu, sampai saat ini, ada beberapa PMI kabupaten/kota yang sudah menyerahkan donasi ke PMI Provinsi Aceh. Setelah semua jajaran di kabupaten/kota menyerahkan donasi warganya, PMI Aceh akan menyerahkan donasi dari masyarakat Aceh kepada PMI Pusat.

Untuk diketahui, sebelumnya PMI Pusat sudah merespon gempa bumi di Turki dengan menyerahkan donasi yang diterima oleh Dubes Turki untuk Indonesia. Selain itu, PMI Pusat juga melakukan mobilisasi relawan ke wilayah terdampak bencana di Turki. Mobilisasi relawan dilakukan untuk membantu evakuasi dan medis kepada warga terluka.

Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mengirimkan donasi melalui PMI Kota Banda Aceh. Turki, saudara tua yang secara historis dan emosional cukup dekat dengan Aceh, saat ini sedang ditimpa musibah gempa yang menyebabkan banyak bangunan runtuh serta menimbulkan banyak korban jiwa. Haeqal menambahkan, melihat kondisi bencana Turki yang cukup besar, sepatutnya bagi masyarakat Aceh mengulurkan tangan membantu meringankan beban, baik lewat doa, materi, maupun ikhtiar lainnya.

“Turki, saudara tua kita, sudah banyak membantu Aceh ketika tsunami 2004 dulu. Bahkan sejak masa kesultanan Turki Utsmani pun, Aceh dan Turki sudah punya hubungan dekat. Sekarang saudara kita sedang ditimpa musibah, dan ini kesempatan kita untuk membantu saudara di Turki yang sering membantu kita tanpa pamrih,” tutur Haeqal.

Ia berharap, donasi yang dikumpulkan masyarakat Aceh, baik melalui PMI maupun lembaga lainnya, bisa berdampak besar mengurangi beban korban terdampak gempa Turki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here