KSR PMI Unit Universitas Serambi Mekkah Gelar Diklatsar Relawan Baru

35
views

Banda Aceh – Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit Universitas Serambi Mekkah menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) untuk relawan baru organisasi kampus tersebut. Pembukaan Diklatsar berlangsung di Aula Universitas Serambi Mekkah, Banda Aceh, pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Wakil Rektor III Universitas Serambi Mekkah Dr. Hambali, M.Pd., mengatakan, kegiatan Diklatsar merupakan agenda wajib tahunan yang diselenggarakan oleh KSR PMI Unit Universitas Serambi Mekkah dalam membina dan membentuk relawan baru yang berkompeten. Karenanya, ia berpesan kepada peserta Diklatsar agar serius dalam menimba ilmu dan fokus mengikuti materi, agar setelah ditetapkan menjadi relawan nanti, anggota baru bisa mengimplementasikan ilmu dengan baik di lapangan.

“Menjadi relawan PMI itu merupakan panggilan jiwa, maka harus sepenuh hati. Kelak setelah selesai dari sini, kalian bisa berbuat banyak untuk masyarakat dengan ilmu yang kalian pelajari di PMI,” ujar Hambali dalam sambutannya.

Lanjutnya, Diklatsar dilaksanakan untuk membangun karakter dan integritas dalam diri relawan PMI agar tangguh dan sigap dalam situasi bencana, baik bencana alam maupun sosial. “Kehadiran PMI sangat bermakna di daerah konflik, seperti di Palestina sekarang ini. Memang nyawa di tangan Allah, tapi kita wajib berusaha membantu menyelamatkan nyawa orang lain,” kata Hambali.

Wakil Ketua I PMI Kota Banda Aceh Teuku Nanta Muda, S.T., M.M., mengatakan, kegiatan Diklatsar harus dilaksanakan sesuai dengan standar pelatihan PMI sehingga setiap relawan baru PMI memiliki integritas dan kapabilitas. Dengan menjadi bagian dari organisasi PMI, kata Teuku Nanta, berarti para relawan sudah siap berkontribusi untuk kegiatan kemanusiaan.

“InsyaAllah kegiatan ini akan bermanfaat untuk diri relawan sendiri dan lingkungan sekitar. Menjadi relawan itu pilihan, bukan paksaan karena dalam salah satu prinsip dasar PMI, ialah kesukarelaan,” tutur Nanta.

Menurutnya, manusia yang baik ialah mereka yang bermanfaat untuk lingkungan. Ia berpesan kepada relawan baru KSR PMI Unit Universitas Serambi Mekkah agar bisa mengikuti Diklatsar dengan serius hingga selesai, dan setelahnya bisa berkontribusi di PMI untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan.

“Setelah selesai di kampus, PMI menjadi tempat di mana kita bisa berbuat dan berkontribusi untuk masyarakat. Dan keberadaan kita sebagai individu harus bisa memberi manfaat untuk orang lain karena itu yang diajarkan oleh Rasulullah,” ujar Nanta.

Komandan KSR PMI Unit Universitas Serambi Mekkah, Aswatul Saida Putri mengatakan, kegiatan Diklatsar kali ini diikuti oleh sekitar 15 relawan baru. Mereka akan mengikuti Diklatsar selama 10 hari yang diisi dengan berbagai materi seperti kepalangmerahan, pertolongan pertama, kepemimpinan, manajemen bencana, dan materi lainnya.

“Pelatihan ini akan membentuk anggota baru menjadi relawan yang bertanggung jawab, khususnya bertanggung jawab pada lingkup Universitas Serambi Mekkah,” kata Aswatul Saida Putri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here