KSR PMI Unit UIN Ar-Raniry Gelar Diklatsar ke 24

59
views

Banda Aceh – Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit UIN Ar-Raniry menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) untuk relawan baru selama seminggu di lingkungan kampus tersebut pada 3-9 Oktober 2022.

Dalam pembukaan yang berlangsung di Aula Biro Rektorat UIN Ar-Raniry, ketua panitia melaporkan, sebanyak 23 relawan baru ikut kegiatan diklatsar. Diklatsar sendiri merupakan syarat wajib bagi calon relawan PMI yang ingin bergabung dalam wadah organisasi PMI tingkat perguruan tinggi.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry Prof. Saifullah mengatakan, pengkaderan anggota baru menjadi hal penting dalam sebuah organisasi, termasuk PMI yang juga bergerak di bidang sosial masyarakat.

“Dengan adanya pengkaderan, semoga kesegaran kreativitas dalam berinovasi dalam melakukan tugas-tugas kemanusiaan menjadi lebih bertambah dibanding masa-masa sebelumnya,” kata Prof. Saifullah sebelum membuka kegiatan.

Ia berharap anggota KSR PMI UIN Ar-Raniry benar-benar menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di organisasi. Namun demikian, anggota KSR PMI UIN Ar-Raniry, yang juga seorang mahasiswa harus tetap menyelesaikan tanggung jawabnya di perkuliahan.

Plt. Ketua PMI Kota Banda Aceh Edwar M. Nur mengatakan, PMI Kota Banda Aceh selalu mendukung kegiatan yang bersifat kaderisasi, karena PMI membutuhkan banyak relawan, termasuk ditingkat perguruan tinggi. “Tanpa relawan, nggak ada PMI,” ujarnya.

Setiap calon relawan harus mengikuti diklatsar karena selama pelatihan, calon relawan akan belajar banyak hal, baik softskill maupun hardskill, seperti cara melakukan pertolongan pertama, manajemen kebencanaan, perawatan keluarga, belajar menjalin kebersamaan, kedisiplinan, dan lainnya.

Ia berharap pengurus baru mampu membawa KSR PMI Unit UIN Ar-Raniry lebih baik lagi. Ia berpesan agar anggota KSR PMI Unit UIN Ar-Raniry untuk terus menjaga kekompakan dan selalu aktif dalam kegiatan kepalangmerahan.

“Semoga pengurus baru dapat membuat KSR PMI UIN Ar-Raniry lebih berjaya. Jaga terus kekompakan dan kesolidan agar kalian mampu menjaga kejayaan,” tuturnya.

Sementara itu, selain diklatsar, pada kesempatan yang sama juga dilakukan pelantikan Kepengurusan KSR PMI Unit UIN Ar-Raniry periode 2022/2023.

IMG-20221003-WA0006

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here